Kolaborasi startup dengan institusi pendidikan

Reading Time: 2 minutes

Source : Unpsplash.comAkhir akhir ini dunia bisnis di Indonesia sedang booming boomingnya dengan isitilah Startup. Sebenarnya apa sih startup itu, startup menurut wikipedia adalah

…sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Dari definisi tersebut dunia startup biasanya terlihat sangat eksklusif dengan dunia teknologi informasi dan angel investor. Apabila startup tersebut sudah berkembang biasanya startup akan berusaha memvalidasi apakah kegiatan yang mereka lakukan benar benar memberikan manfaat bagi pengguna nya.

Brainly yang merupakan startup pendidikan dengan user base terbesar di dunia saat ini dengan 80 juta user di seluruh dunia dan 14 juta di Indonesia tiap bulannya berusaha memvalidasi apakah model belajar yang ditawarkan oleh brainly berupa interaksi belajar bersama melalui media online bermanfaat terhadap perkembangan prestasi siswa atau tidak. Oleh karena nya Brainly bersama Fakultas Psikologi Universitas Airlangga akan melakukan riset bersama di beberapa sekolah negeri dan swasta yang ada di Surabaya. Kegiatan yang akan melibatkan ratusan siswa ini akan mengukur apakah kepercayaan diri siswa meningkat dan apakah performa akademik juga bertambah saat siswa aktif bertanya sekaligus menjawab di Brainly.

Seperti dilansir dari website Fakultas Psikologi Unair.Riset ini melibatkan pakar cyber pyschology dari Universitas Airlangga Dr. Rahkman Ardi. Penandatangan MoU antara penanggung jawab Brainly Indonesia, saudara Dimas Mukhlas Widiantoro PhD. cand dengan Dekan Fakultas Psikologi Dr. Nurul Hartini.

Sebelumnya Brainly juga sudah melaksanakan riset dengan tema yang berbeda seperti machine learning di Michigan state University dan Rutgers University di New Jersey Amerika Serikat.

Berikut adalah foto kerja sama tersebut, tampak dari foto ki-ka adalah Dr. Dewi Retno Suminar, selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian, Publikasi dan Kerjasama; Dr. Nurul Hartini selaku Dekan Fakultas Psikologi, Dimas Mukhlas PhD. cand selaku penanggung jawab Brainly Indonesia, dan Dr. Rahkman Ardi selaku pakar cyber psychology dari Universitas Airlangga.

Juga ditampilkan di halaman kompasiana.

Please follow and like us: