Alternative dari endnote? Ada, nama nya Zotero

Reading Time: 1 minute

Hari ini aku mengganti mesin PC ku, dan tak dinyana ternyata endnote tak bisa diinstall juga. Setelah seharian lumayan bingung karena full time kerjaan ku adalah menjadi penulis, dan menulis apa saja yang bisa ditulis (saking stress nya hari ini) maka aku pun cemas karena endnote tak bisa juga diinstal dan dikawinkan (seperti tanaman saja) dengan microsoft word. Sebagai seseorang yang penasaran dan kuharap nanti tidak mati penasaran maka aku pun browsing ke Internet mencari apa sih alternatif dari endnote. Dari beberapa alternatif yang ada aku menemukan.

  1. Mendeley. APlikasi ini cukup canggih, salah satu kecanggihannya adalah kita tidak perlu lagi mengetik satu persatu detil dari sebuah citasi saat kita memiliki akun di JSTOR atau science direct. Nah yang jadi masalah adalah mendeley ini ternyata plugin nya sering error. Salah satu kejadian adalah errornya plugin mendeley ini dan hal ini membuat aku makin resah dan gelisah.
  2. Zotaro, awalnya aku malas menginstal aplikasi ini karena dari nama, aplikasi ini namanya cukup aneh, zotaro seperti ninja hotaro saja. Nah ternyata setelah aku install dan coba. Well pertama tidak ada error dengan plugin microsoft word. Kedua aplikasi ini canggih sekali. Karena pluginnya akan mencatat atau men scrap semua info yang dibutuhkan dari sebuah website. Sehingga tidak akan ada lagi momen dimana kita harus mencatat satu persatu. Tapi lumayan diklik saja dan hal itu sudah jadi.

Well sekrang aku sudah merasa agak lega karena sudah beres urusan quote dan citasi ini. Sekarang aku bisa kerja lagi khususnya di bagian revenue projection untuk beberapa project yang sedang aku laksanakan.

Oke untuk yang masih endnote, well kalau dirimu ingin mencoba alternatif, maka tidak ada salahnya mencoba zotaro ini. Good luck ya!

 

Please follow and like us: